Jalur Suwanting Pendakian Gunung Merbabu

Jalur Suwanting adalah jalur yang baru dibuka tahun 2015 untuk para pendaki dalam pendakian gunung Merbabu. Namun pada jalur ini dahulu sempat di buka pada tahun 1996 tetapi karena kurangnya pengawasan dan penataan jalur lalu terbengkalai, jalur ini memiliki trek jalan yang lebih ekstrim ketimbang jalur Selo. Banyak jalan-jalan curam dan menanjak tinggi. Namun pada jalur ini kita bisa menemui sumber air dengan mudah karena di pos 3 ada mata air. Pada jalur Suwanting ini pula pendaki akan mendapati pemandangan yang luar biasa seperti hutan, sabana rumput, bukit, kabut dan lain-lainnya.

Suwanting adalah nama sebuah desa di kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Desa Suwanting ini merupakan desa yang terletak paling barat untuk pendakian gunung Merbabu. Sehingga desa ini bisa dibilang sebagai start-nya pendakian ujung barat dari gunung Merbabu.
Gapura Suwanting

Kita bisa menuju ke desa Suwanting lewat Magelang ataupun Kopeng. Tips penting sebelum melakukan pendakian ke gunung Merbabu yakni tentukan jalur pendakiannya dulu kemudian cari tahu petunjuk untuk ke sana. Jika dari arah Semarang maka biasanya paling mudah adalah lewat kota Salatiga. Para pendaki bisa naik angkutan umum atau sepeda motor atau mobil. Jika kamu bingung, kamu bisa tanyakan kepada orang saat di Kopeng atau di Muntilan arah menuju Suwanting. Atau gunakan teknologi di gadgetmu seperti GPS atau Google Maps.

BASECAMP SUWANTING MERBABU
Jika sudah sampai di desa Suwanting carilah basecamp pendakian gunung Merbabu. Yang paling terkenal adalah basecamp Pak Pileh.
Basecamp Suwanting Bawah

Basecamp Pak Pileh.
Yang kita lakukan di basecamp adalah menitipkan kendaraan dan mendaftar sebagai pendaki. Untuk parkir kendaraan motor Rp 5.000, mobil RP 10.000 dan tiket mendaki Rp 5.000/orang/hari (update 2015).
.
Nah, kita juga bisa memesan makanan saat di basecamp. Karna cuaca pasti dingin maka tentunya makanan yang berkuah dan panas cocok sekali deh. Nasi telur dan soto adalah menu utama. Untuk harga berkisar Rp 8.000 – Rp 10.000

Persiapan terakhir sebelum berangkat adalah Briefing tata tertip pendakian jalur Suwanting oleh Bapak Pileh selanjutnya cek perlengkapan mendaki dan cek juga kondisi kesehatan. Satu lagi jangan lupa berdoa sebelum memulai pendakian.
Jalan Akses Pendakian Dusun Suwanting

MEMULAI PENDAKIAN
Basecamp - Pos I Lemba Empong (1jam)
Lemba Empong

Trek pertama sebelum mencapai Pos 1 adalah perkebunan warga setempat.
Pos I

Sampailah di Pos 1 jangan lupa mengucapkan salam terlebih dahulu. Rata-rata butuh 1-2jam untuk sampai ke Pos 1. Di sini kita bisa beristirahat sebentar dan menikmati pemandangan. Pemandangan di Pos 1 berupa pepohanan pinus.

Lemba Empong - Lemba Gosong (1jam)
Disini kita akan di suguhi pemandangan perbukitan dan semak-semak di tepi jurang.
Lemba Gosong

Lemba Gosong - Lemba Cemoro (1jam)
Jalan menuju Lemba Cemoro cukup menanjak dan menguras tenaga. Sebaiknya disini kita mengatur strategy agar tenaga tidak cepat habis.
Lemba Cemoro

Lemba Cemoro - Lemba Norijan (1jam)
Inilah Pos Bayangan 3. Dari Pos Bayangan 1 ke Pos Bayangan 2 rata-rata hanya 60 menit saja. Nah di Pos Bayangan 3 ini view-nya lebih luas dan lebih bagus. Kita bakal disuguhi bukit-bukit dan jalur tanjakkan yang ekstrim. Di sini kita tidak bisa mendirikan tenda.

Lemba Norijan

Lemba Norijan - Pos II Lemba Mitoh (1jam)
Setelah itu baru kita memulai perjalanan menanjak. Namun tenang saja karena di atas akan ada jalur yang datar, dan kita di Pos II bisa mendirikan tenda, tapi hal tersebut bukan opsi utama untuk bertenda karena kita masih di 40% perjalanan.
Pos II Lemba Mitoh

Pos II Lemba Mitoh - Lemba Manding (1,5jam)
Yes. Sampai juga di Tanjakan Penyesalan. Rata-rata butuh waktu 1-2jam untuk sampai ke Lemba Manding dari Pos 2. Di sinilah tempat favorit kedua untuk mendirikan tenda. Pemandangan yang fantastis dan lahan yang datar cocok sekali untuk mendirikan tenda,  saat memasuki Lemba Manding kita di wajibkan mengucap salam terlebih dahulu.
Lemba Manding

Lemba Manding - Pos III (2jam)
Pos III

Pos III. Nah, ini dia favorit pertama untuk mendirikan tenda. Di sini tempatnya lebih luas dari Pos II dan ada barisan pepohonan juga ada sumber mata airnya sehingga tak perlu membawa banyak persediaan air dari bawah arena di Pos III ada mata air. Kita bisa lebih leluasa memilih tempat untuk mendirikan tenda. Di Pos III ini pemandangannya indah sekali. Butuh 30 menit-45 menit dari Pos 3 menuju Puncak Triangulasi. Tips: jika kamu ingin berhasil melihat sunrise di puncak gunung Merbabu maka sebaiknya dirikan tenda di Pos III karena nantinya kita hanya butuh 1-2jam lagi untuk menuju puncak Merbabu.

Pos III - Puncak Triangulasi (1jam)
Selanjutnya kita akan melalui trek menanjak. Namun jangan khawatir karena saat kita berbalik badan “jreng, jreng!” kamu tidak akan menyesal. View gunung Merapi.
View Merapi

Puncak Triangulasi 
Setelah kita mencapai titik 3.142 mdpl (puncak tertinggi Gunung Merbabu). Dibutuhkan sekitar 1jam lagi dari Pos III untuk sampai puncak Kenteng Songo atau Trianggulasi.
Puncak Triangulasi

Jika ditotal maka bisa kita kalkulasikan:
Basecamp – Pos I Lemba Empong (1jam)
Pos I Lemba Empong - Lemba Gosong (1Jam)
Lemba Gosong - Lemba Cemoro (1jam)
Lemba Cemoro - Lemba Norijan (1jam)
Lemba Norijan - Pos II Lemba Mitoh (1jam)
Pos II Lemba Mitoh - Lemba Manding (1,5jam)
Lemba Manding - Pos III Dompo Awang (2jam)
Pos III Dompo Awang - Puncak Triangulasi (1jam)
TOTAL = 9 jam 30 menit perjalanan naik.

Nah, untuk waktu turun gunung biasanya lebih cepat daripada naiknya. Itunglah jika total naik adalah 9jam bisa kita ambil 50-40% menjadi hanya 4jam-6jam waktu yang dibutuhkan untuk turun kembali ke basecamp. (di luar istirahat dan bongkar tenda)

Untuk waktu memulai pendakian gunung Merbabu via Suwanting paling bagus adalah start dari basecamp pukul 8 pagi atau 1 siang. Bikin tenda bisa di Pos II. Jika ingin mengejar sunrise dirikan tenda di Pos III. Pagi hari pukul 3 atau 4 start untuk mendaki menuju puncak. Yang kedua adapula pendakian start di malam hari. Untuk malam hari paling bagus start mulai jam 7 malam.

GALERI VIA SUWANTING




sumber air pos 3






























TIPS PENDAKIAN
- Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
- Latihan fisik seminggu sebelum hari H
- Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
- Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
- Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
- Untuk pendakian Merbabu kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 08-13. Jika malam 6-7
- Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
- Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.

INFORMASI GUNUNG MERBABU
Nama: Gunung Merbabu
Ketinggian: 3.142 mdpl (10.630 kaki)
Lokasi: Magelang (barat), Semarang (utara), Boyolali (timur) , Salatiga (Selatan), Jawa Tengah
Letusan terakhir: 1560 dan 1797
Pengelola: Taman Nasional Gunung Merbabu
Alamat: Dusun Suwanting Desa Banyuroto Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah – Indonesia
Phone : +62 877 45635078
Website: http://merbabunationalpark.org
email : info@merbabunationalpark.org
Spot alam: Hutan, Sabana, Bukit,
Sumber air: Ada di jalur Wekas (Pos 2), Suwanting (Pos 3)
Flora: Pinus merkusii, Puspa, Akasia, Soro, Cemara gunung, Edelweis jawa
Fauna: elang jawa, elang hitam, alap-alap sapi, elang-ular bido, ayam hutan, tekukur, gelatik batu, kijang, landak, musang luwak, monyet ekor-panjang, lutungjalak kerbau, dan lain-lain.
Hutan: Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung

Jalur pendakian:
Selo (dari Boyolali)
Kopeng (dari Salatiga)
Wekas (dari Magelang)

Puncak: puncak Syarif 3.119 mdpl, Puncak Kenteng Songo/Tianggulasi 3.142 mdpl
Puncak lain: Watugubuk, Watutulis, Gegersapi, Ondorante
Kawah: Candradimuko, kombang, rebab, Kendang, Sambernyowo
View gunung lain dari puncak: Gn. Merapi, Sumbing, Sindoro, Telomoyo, Ungaran, Lawu
Tarif daki: Rp 10.000/orang/hari (Juni 2015)
Mitos: Kerajan Jawa sangat besar terkubur di dalam Gunung Merapi dan gunung Merbabu yang berkaitan dengan kerajaan Mataram Kuno
Kismis (kisah misteri): Di gunung Merbabu ada yang namanya Pasar Setan konon adalah tempat jual-beli-nya makhluk halus, di Lemba Manding terdapat pohon seperti kursi kono itulah petilasan Mbah Syarif

TRANSPORTASI
Suwanting dari Semarang-Solo
1. Bus Jurusan Semarang-Solo turun di Pasar Sapi (Salatiga).
2. Bus kecil Jurusan Salatiga - Magelang Turun di Pasar Kaponan.
3. Carter mobil bak Sayur ke Desa Suwanting.

Suwanting lewat Magelang
1. Bus jurusan Yogya – Semarang turun di Blabak (sebelum kota Magelang)
( Bisa juga menghubungi Basecamp untuk di jemput menggunakan Travel)
2. Angkot ke desa Sawangan disambung mobil bak sayuran ke jurusan Ketep Pass, sambung lagi mobil sayuran ke Suwanting. Ada juga bus kecil jurusan magelang ke salatiga turun di Suwanting.
( Tidak disarankan lewat Magelang bila hendak menggunakan kendaraan umum kecuali carter mobil )

Referensi
infopendaki.com

22 Responses to "Jalur Suwanting Pendakian Gunung Merbabu"

  1. keren gan, kapan kapan mendaki kesana ah...

    BalasHapus
  2. Wah lengkap nih informasinya. Thanks ya udah share :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung di website Pendaki Gunung :)

      Hapus
  3. Keren sekali tempatnya gan..jadi pengen kesana ni..thanks udah berbagi gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari gan berkunjung ke jawa Tengah banyak wisata yang menarik :)

      Hapus
  4. keren ni mt.merbabu... jadi ingin ke sana saya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang keren gan Gunung merbabu menyimpang berjuta keindahan di alamnya :)

      Hapus
  5. widih lengkap nih gan ... hahaha tumben nih artikelnya panjang ... ngomong" gunung merbabu tuh kyk gimana ya suasananya penasaran :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suasana di gunung merbabu sangat tenang cocok untuk menghilangan kepenatan dan stress.
      Ayo visit Jawa Tengah gan :)

      Hapus
  6. Lengkap gan infonya,, ntar ane bookmark buat nambah pengetahuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan gan di bookmark semoga ilmu nya bertamah setelah mengunjungi website ini :)

      Hapus
  7. Beeuh suasananyaa gan mantaap bener
    Anee jdi pgen mendaki nii ,tpii syaang kejaauhan nii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendaki Gunung yang deket tempat tinggal dulu gan ... hehehe

      Hapus
  8. Rumah agan daerah sana ya ??
    kapan bisa ajak saya mendaki gunung seperti itu ????
    Kunjungi blog sederhana saya ya http://www.illustrationdesigners.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rumah saya di Semarang gan ..
      Kalo ada waktu mari mendaki bareng ... hheehehe

      Hapus
  9. sangat lengkap, bagus ini buat panduan kalau ingin ke gunung merbabu

    BalasHapus
  10. Nyimak aja deh gan,ane kurang suka hiking ,,takut ketinggian gan >_<

    BalasHapus
  11. wah bagus nih infonya banyak gambarnya, reveiw jalur pendakian di jalur lain gan tapi tetep di gunung merbabu contoh yg lain di dusun cuntel gan

    BalasHapus
  12. gan klo carter mobil kira2 kena brapa yah?

    BalasHapus
  13. Bang kalo dari solo ngebis jurusan mana ya klo mau ke suwanting dan berhenti dimana saja, apa benar turun di perempatan salatiga arah kopeng?? :D masih bingung bang

    BalasHapus
  14. Kalo dari terminal magelang ke suwanting naik apa ya mas?

    BalasHapus

Silakan berkomentar !!!

- Dilarang Memasang Link Aktif
- Dilarang Berkomentar Dengan Kata Kata Kotor
- Dilarang Menghina / SARA
- Harus Sopan Dalam berkomentar
- Dilarang Spam
- Gunakan Bahasa Indonesia/English
- Berkomentarlah tentang artikel yang diatas